Kamis, 28 Januari 2010

sampah yang dibuang sembarangan

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia selalu melakukan berbagai aktivitas. Akibat dari aktivitas itu salah satunya adalah sampah. Sampah berjumlah banyak atau sedikit bergantung pada manusianya. Pada faktanya manusia di bumi ini sangat banyak dan juga banyak melakukan aktivitas, berarti sampah di bumi juga sangat banyak. Namun, sampah tidak boleh di buang di sembarang tempat. Jangan biarkan sampah itu menumpuk misalnya ada seseorang yang membuang sampah di selokan. Semakin lama, sampah itu menumpuk dan menyumbat saluran air. Hal itu tentunya sangat merugikan kita bukan? Jika musim hujan datang, maka hal yang sepele dapat menjadi bencana besar yaitu banjir besar. Disaat banjir, air yang menggenang itu sangat kotor dan terdapat kuman penyakit karena akibat dari penumpukan sampah sehingga ketika banjir banyak orang yang mengalami gatal- gatal dan penyakit kulit yang lain. Akibat sampah yang berdampak pada udara yaitu memberikan bau yang tidak sedap bagi lingkungan. Akibat dari pencemaran itu, banyak orang yang terganggu aktivitasnya dan juga dapat menimbulkan penyakit asma, sesak nafas dan penyakit yang lain.

Jakarta merupakan contoh nyata dari pembuangan sampah sembarangan. Ternyata budaya membuang sampah sembarangan dari dulu hingga sekarang masih berjalan. Padahal kita semua tahu bahwa hal itu dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Manusia memang egois tidak ingin terkena imbasnya tetapi membuang sampah seenaknya, tidak menjaga lingkungan ini. Manusia bersikap seenaknya, menyalahkan orang lain dan suka ikut-ikutan. Dilihat dari bukti nyata, banyak orang ketika dia membuang sampah sembarangan lalu dia ditegur oleh seseorang, dia menjawab “ ah tidak mengapa, lagipula banyak orang yang membuang sampah sembarangan, kenapa saya tidak boleh?”. Jika hal itu terus dilakukan, kapan lingkungan barsih dan tehindar dari musibah banjir?. Kesadaran manusia untuk menjaga lingkungan ini memang relativ kecil. Kita tidak usah menyalahkan orang lain, menyalah kan pemerintah dan lain-lain. Kita bangun dari pribadi kita. Kesadaran dari setiap individual diperlukan. Kita harus bersama-sama membangun kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dari hal kecil, anak yang bersekolah sering mumbuang sampah di laci mejanya. Meskipun sampah itu hanya sebentuk bungkus permen yang kecil tapi jika berulang-ulang dapat menumpuk dan menyebabkan penyakit.

Sampah itu juga sangat berguna. Perlu diketahui juga bahwa sampah ini ada dua jenis yaitu sampah organik (biasa disebut sebagai sampah basah) dan sampah anorganik (sampah kering). Sampah basah adalah sampah yang berasal dari makhluk hidup, seperti daun-daunan, sampah dapur, dll. Sampah jenis ini dapat terdegradasi (membusuk/hancur) secara alami. Sebaliknya dengan sampah kering, seperti kertas, plastik, kaleng, dll. Sampah jenis ini tidak dapat terdegradasi secara alami. Sampah organic bisa di buat pupuk dan sampah anorganic dapat diolah kembali (daur ulang) untuk menjadi benda baru yang bermanfaat. Jika sampah bermanfaat, mengapa kita tidak memanfaatkannya? Mengapa kita membuangnya sembarangan dan diabiarkan menumpuk sehingga menjadi bencana? Kita bisa menyiapkan tempat sampah. Tong sampah A digunakan untuk sampah organic dan tong sampah B untuk sampah anorganik. Jika kita teratur dan taat membuang sampah pada tempatnya maka hidup ini akan berjalan dengan selaras dan seimbang. Jika kita membuang sampah ke tong yang tepat maka petugas dengan mudah mengorganisasinya. Petugas sampah dapat dengan mudah mengambil tong sampah yang organic untuk di buat pupuk atau ditanam ditanah supaya terjadi pelapukan dan menyuburkan tanah. Begitu pula pada tong sampah anorganic, sampah bisa diolah lagi.

Sebenarnya sampah sangat berguna juga bagi kita. Mengapa kita selalu menyiakannya? Mulai sekarang marilah kita bangun kesadaran denagan membuang sampah pada tempatnya. Bukankah itu berdampak baik bagi kita? Kita hidup di alam ini bergantung pada lingkungan (air, udara, tanah). Kita harus menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu kita harus menjaganya dengan tidak membuang sampah sembarangan. Jika lingkungan kita bersih maka aktivitas yang kita lakukan akan lebih berkualitas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

HELLO

HELLO
Your dream will be come true if you believed, always trying and praying